" Ini wadah gasan bubuhan kula, amang, julak, ading-ading nang bungas wan langkar. Amun marasa urang Banjar, ayuha umpat babuat disini, lumayan kita maingatakan kisah padatuan bahari sambil balolocoan wan bakukurihingan gasan mahilangakan satres narai "

Rabu, 16 Maret 2011

MADIHIN

1. Pendahuluan*
Ada yang berpendapat bahwa /madihin/ berasal dari kata /madah,/ yaitu sejenis puisi lama dalam sastra Indonesia. Madah merupakan syair yang mempunyai rima yang sama pada suku akhir kalimat. Madah mengandung puji-pujian, nasehat atau petuah. Tetapi dalam perkembangannya berisi humor atau lulucuan, sindiran yang sehat, tak ketinggalan disuguhkan oleh /Pamadihinan/ (orang yang membawakan madihin) sebagai bumbu. Kehidupan madihin seperti juga /Balamut,/ kesenian tradisional yang hampir punah. Madihin jarang ditampilkan dalam acara?acara hiburan hari?hari besar atau acara perayaan daerah misalnya pada hari jadi ibu kota, kabupaten atau pun pada hari jadi provinsi. Setelah di tahun 1970?an, tak pernah ada lagi perlombaan atau pertandingan madihin diadakan. Jarang atau dapat dihitung dengan jari orang yang berminat menjadi pamadihinan. Agar menjadi pamadihinan yang mengarah kepada pemain profesional, ia harus memiliki keterampilan dalam /bamadihin/. Keterampilan itu antara lain : 
(1) Menguasai lagu khas madihin, 
(2) terampil memukul /tarbang/ dengan irama sebagai pukulan pembuka atau membunga, 
(3) pukulan memecah bunga, 
(4) pukulan menyampaikan isi pesan, 
dan (5) pukulan penutup. 
Seorang pamadihinan juga harus mempunyai suara atau vokal yang lantang dan merdu. Disamping hapal naskah syair , ia juga terampil berimpropisasi yaitu secara spontan menciptakan syair tanpa dipersiapkan terlebih dahulu. Memang seorang pamadihinan perlulatihan yang terus?menerus agar dapat menjadi pamadihinan yang profesional. 

*2. Asal Mula Madihin* 
Banyak pendapat mengenai asal mula madihin. Ada yang mengatakan berasal dari Kecamatan Angkinan yaitu di kampung Tawia, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Pendapat ini berpijak pada bahwa pamadihinan banyak tersebar di pelosok Kalimantan Selatan dan berasal dari kampung Tawia bernama Dulah Nyangnyang. Ada juga yang berpendapat madihin berasal dari Kecamatan Paringin, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, sebab dahulu Dulah Nyangnyang lama bermukim di sana dan ingin mengembangkan madihin di sana. Tetapi ada juga yang berpendapat madihin berasal dari utara Kalimantan yang berbatasan dengan negara Malaysia (Malaka), sebab madihin banyak dipengaruhi oleh syair melayu dan gendang tradisional semenanjung Malaka. Tarbang (gendang) yang dipakai bamadihin ada persamaan dengan gendang yang dipakai oleh orang?orang Malaka dalam mengiringisyair atau pantun Melayu . Apa pun pendapat ini. Namun yang jelas bahwa madihin menggunakan bahasa Banjar , Pamadihinannya etnik Banjar. Madihin adalah kesenian tradisional Banjar yang khas Banjar yang tidak ada pada etnik lain di Nusantara. Madihin sudah ada diperkirakan tahun 1800 yaitu setelah Islam masuk dan berkembang di Kalimantan. Lahirnya madihin banyak dipengaruhi oleh kesenian Islam yaitu kasidah dan syair?syair bercerita yang dibaca oleh masyarakat Banjar. 

*3. Pergelaran, Fungsi, dan Struktur Madihin* 
*/a. Pagelaran/*
Madihin pada umumnya dipergelarkan pada malam hari, tetapi sekarang pada siang hari. Durasi pagelaran antara 1 sampai 2 jam sesuai permintaan penyelenggara. Pagelaran madihin umumnya di lapangan terbuka yang dapat menampung banyak penonton. Panggung yang diperlukan berukuran 4 x 3 meter. Terkadang juga di halaman rumah, di muka kantor atau balai. Sekarang sering pula dipergelarkan di dalam gedung. Membawakan madihin ada yang hanya satu pamadihinan yakni pemain tunggal. Pemain tunggal ini membawakan syair dan pantunnya harus pandai membawa /timber/ atau warna suara yang agak berbeda seperti orator. Ia harus pandai menarik perhatian penonton dengan humor segar tetapi sesuai dengan batas etika. Ia harus benar?benar sanggup memukau dengan irama dinamis pukulan terbangnya. Tetapi umumnya dibawakan 2 pamadihinan, malah sampai 4 pamadihinan. Jika 2 pamadihinan berduet maka pemain ini biasanya beradu atau saling bertanya jawab, saling sindir, saling kalah-mengalahkan melalui syair yang dibawakan. Aturannya adalah pamadihinan yang satu membuka /hadiyan/, kemudian disambut oleh pamadihinan yang kedua, dan seterusnya saling bersahutan. Andaikan ada 4 pamadihinan, biasanya terbagi dua kelompok, masing?masing 2 pamadihinan. Penampilannya sebagaimana halnya yang menggunakan dua pamadihinan, tapi yang satu bisa membantu anggota kelompoknya melawan kelompok yang dihadapi. Biasanya kelompok ini berpasangan pria dan wanita yaitu /duel meet/. Duel meet ini merupakan beradu /kaharatan/ (kehebatan). Dalam duel ini, kelompok 1 memberi umpan dengan syair tertentu. Kelompok 2 harus dapat mengulangi atau menjawab, selanjutnya harus memberi umpan balik, yang harus diulang oleh kelompok I. Mereka saling bertanya jawab, saling menyindir, saling kalah-mengalahkan. Demikian seterusnya. Ada pun kelompok yang kalah apabila tidak bisa atau tidak dapat mengulang atau menjawab kelompok lawannya. Kelompok yang kalah akan mengangkat bendera putih. Pamadihinan duduk di kursi dengan memakai baju Banjar yaitu /taluk balanga/ dan memakai kopiah serta sarung. Tetapi sekarang sudah berpakaian bebas dan sopan, kecuali pada acara?acara penting, misalnya menghibur tamu pejabat atau menghibur acara pisah sambut pejabat, dan lain?lain. 
*b. Fungsi* 
Madihin umumnya berfungsi : 
1. Dahulunya berfungsi menghibur raja atau pejabat istana. Syair yang dibawakan bersifat pujian. 
2. Sebagai hiburan masyarakat pada acara-acara tertentu, misalnya hiburan habis panen, memeriahkan perkawinan, dan peringatan hari besar nasional atau pun daerah. 
3. Sebagai nazar atau hajat. Misalnya bagi orangtua yang anaknya baru sembuh dari sakit, upacara /meayun/ anak yaitu upacara daur hidup etnik Banjar dan juga pada acara sunatan (khitanan). 
4. Sebagai media informasi, penyampaian pesan pembangunan yang dilakukan olehpemerintah misalnya keluarga berencana (KB), pertanian, pendidikan, kesehatan,pemeliharaan nilai dan moral, wahana memperkokoh persatuan kesatuan, dan lain?lain.

*c. Struktur Madihin* Struktur pergelaran sudah baku, yaitu terdiri atas :
1) Pembukaan Yaitu melagukan sampiran sebuah pantun yang diawali dengan pukulan tarbang yang disebur pukulan pembuka. Pembuka ini merupakan informasi tema yang akan dibawakan. Contoh : /Ilahi ?.. Lah riang ? lah riangt riut Punduk ?. Di hutan Riang riut punduk di hutan ? Kaguguran ?. Kaguguran buah timbatu ?. / 
2) /Batabi/ Yaitu syairnya atau pantun yang isinya penghormatan pada penonton, pengantar, ucapan terima kasih, dan permohonan maaf dan ampun jika ada terdapat kesasahan atau kekeliruan dalam pergelaran. Contoh : /Maaf ampun hadirin barataan Baik nang di kiri atawa di kanan Baik di balakang atawa di hadapan Baik lai ? laki atawa parampuan Baik urang tuha atawa kakanakan Baik nang badiri atawa nang dudukab Ulun madihin sahibar bacucubaan Tarima kasih ulun sampaiakan Kapada panitia mambari kasampatan Kalu tasalah harap dimaafakan Tapi kalu rami baampik barataan/
3) /Mamacah/bunga Yaitu menyampaikan syair atau pantun sesuai dengan isi tema yang dibawakan. Contoh : /Baampik ?. barataan Babulik kaawal papantunan Handak dipacahy makna sasampiran Supaya panuntun nyaman mandangarakan / /Riang riut punduk di hutan Kaguguran kanapa buah timbatu Irang irut muntung kuitan Mamadahi kaina anak minantu/ /Minantu mayah ini lain banar bahari Guring malandau lacit katangah hari Kada bamasak sabigi nasi Dipadahi mintuha kada maasi/ /Kalu malam tulak pamainan Padahal pamainan dilarang tuhan Urang macamitu bungul babanaran Bisa?bisa mati karabahan jambatan / 
4) Penutup Yaitu kesimpulan dari apa yang baru disampaikan, sambil menghormati penonton, dan mohon pamit, serta ditutup dengan pantun?pantun. Contoh : /tarima kasih ulun sampaiakan kadapa hadirin sabarataan mudahan sampian kalu ingat kaganangan kapada diri ulun pamadihinan/ /ulun madihin sahibar mamadahakan handak manurut tasarah pian barataan sampai di sini dahulu sakian mohon pamit ulun handak batahan/ /rama ? rama batali banang kutaliakan ka puhun kupang sama ? sama kita mangganang mudahan kita batamuan pulang/ /ilahi ?. sadang bataha, sadang barhanti ?/ 

*4. Penutup/Saran* Diharapkan kepada semua pihak yang terkait terutama lembaga kesenian seperti Dewan Kesenian, Pariwisata, atau lembaga pendidikan lainnya agar peduli kepada keberadaan madihin yang semakin langka. Semoga sastra daerah Banjar yang dimasukkan ke dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah?sekolah menjadikan siswa minimal mengetahui kekayaan khasanah seni budaya daerahnya dan begitu indahnya kesenian daerah yang tak kalah dengan kesenian modern lainnya di zaman globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar